Begini Kireteria Sepatu yang Baik Untuk Kesehatan

DokterCha - Sepatu kini sudah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dengan kita. Banyak kegiatan yang kita lakukan dengan menggunakan sepatu seperti, sekolah, kerja, juga kegiatan diluar rumah lainnya. Beragam model sepatu sudah banyak bermunculan untuk menunjang penampilan kita.

Begini Kireteria Sepatu yang Baik Untuk Kesehatan

Sampai-sampai ketika kita berada di toko sepatu merasa kebingungan untuk memilih, karena saking banyaknya varian model sepatu yang diwartakan. Mulai dari sepatu model biasa sampai dengan sepatu jenis hight heels yang bisa mencapai tingginya 20 cm.

Setiap orang memiliki alasan tersendiri ketikan memutuskan untuk memilih sebuah sepatu. Anda yang membeli karena kebutuhan untuk bekerja, olahraga, sekolah, dan ada juga yang sekedar mengikuti trend. Ada yang karena menyesuaikan dengan warna pakaian, dan ada juga yang hanya karena suka modelnya saja.

Baca juga: Krim yang Lagi Tren Untuk Memutihkan Wajah

Dan sebenarnya ada hal penting yang sering dilupakan ketika memilih model sepatu terlepas dari model, tren, maupun harga, yaitu adalah faktor kesehatan.

Mengingat kesehatan tubuh anda adalah aset yang paling penting untuk di jaga, maka faktor kesehatan haruslah diutamakan. Lalu, apa saja kah kriteria sepatu yang baik untuk kesehatan?

Ringan
Ringan Sepatu yang kita gunakan haruslah ringan agar tidak mengganggu aktivitas kita. Dengan sepatu yang ringan akan membuat kita bebas dan leluasa dalam bergerak. Selain itu sepatu yang ringan juga bisa membuat kita lebih hemat energi. Contohnya bisa kamu lihat adakah para atlet pelari yang menggunakan sepatu boot, pastinya enggak kan?

Lentur
Sepatu yang lentur adalah sepatu yang baik untuk kesehatan. Sepatu yang lentur juga membuat kaki kita nyaman saat mengenakannya. Sebaliknya sepatu yang keras atau kaku bisa membuat kita tidak nyaman atau bahkan cidera pada kaki dan iritasi pada kulit kaki. So.. pilihlah sepatu yang memiliki bahan lentur agar tetap nyaman saat digunakan.

Sol yang Tebal
Sol tebal selain membuat sepatu kamu lebih awet, tetapi juga sepatu yang memiliki sol tebal baik untuk kesehatan. Sol yang tebal juga akan membuat kita nyaman saat berjalan dan menjaga kaki kita dari benturan juga getaran.

Menyerap Keringat

keringat yang terjebak didalam sepatu selain dapat menimbulkan bau yang tidak sedap juga membuat kaki kita tidak nyaman. Ketika kaki terkurung selama berjam-jam dapat melepuh dan sakit. Maka dari itu, supaya tetap sehat, pilihlah sepatu yang berbahan kulit, suede atau kain agar kaki kita bisa bernapas. Selain itu, juga hindari sepatu yang berbahan sintetis karena bahan ini tidak bisa menyerap keringat.

Memiliki Bantalan yang Empuk

Bantalan kaki yang tidak empuk atau keras bisa membuat kaki kram dan sakit. Maka dari itu pilihlah sepatu yang memiliki bantalan empuk agar kaki kita lebih nyaman saat mengenakannya.

Tidak Terlalu Ketat

Memilih sepatu juga harus sesuai dengan ukuran kaki kita. Sepatu yang kebesaran akan membuat kita tidak percaya diri saat mengenakannya. Namun, sepatu yang terlalu kecil juga membuat kaki kita sakit dan tidak bisa bernapas. Pemilihan sepatu yang memiliki bentuk runcing dibagian depannya bisa jadi solusi.

Tidak Terlalu Tinggi
Hight heel adalah sepatu yang paling digemari saat ini. Dengan memakai sepatu yang memiliki heels yang tinggi wanita akan merasa lebih percaya diri karena  membuat mereka terlihat lebih tinggi.

Sepatu berheels tinggi juga membuat penggunanya terlihat anggun dan berwibawa. Hampir semua pekerja wanita menggunakan sepatu hightheel, mulai dari guru, pegawai kantoran apalagi selebriti.

Bisa jadi mereka sudah sadar kalau, penggunaan highhel terlalu lama membuat kaki mereka terasa pegal namun, karena tuntutan pekerjaan mengharuskan mereka menggunakan sepatu jenis ini. Untuk mengatasi masalah itu maka pilih lah sepatu highthell yang tidak terlalu tinggi. Dan jangan pakai dalam waktu yang terlalu lama.

Cantik itu Utama, tapi kesehatan haruslah yang Pertama.