Cara Menggunakan Cuka Untuk Menghilangkan Lemak

DokterCha - Lemak sudah sangat identik dengan sesuatu yang menyebabkan kegemukan atau berat badan berlebih atau bahkan penyebab beberapa penyakit serius seperti penyakit jantung dan stroke. Padahal sebenarnya lemak juga merupakan salah satu nutrisi yang penting dan dibutuhkan oleh tubuh kita untuk melakukan metabolisme dan juga sebagai tempat menyimpan cadangan energi. Jika tidak ada lemak dalam tubuh kita maka kita tidak akan bisa hidup dengan sehat.

Cara Menggunakan Cuka Untuk Menghilangkan Lemak

Lalu, mengapa banyak sekali orang yang seolah anti terhadap lemak? Bahkan mereka melakukan berbagai cara untuk mengurangi lemak pada tubuh mereka, sampai-sampai ada yang melakukan sedot lemak segala.

Baca juga: Mengatasi Lapar Berlebihan

Secara umum dalam tubuh kita terdapat dua jenis lemak yang pertama adalah lemak coklat dan yang kedua adalah lemak putih. Lemak yang berwarna coklat sendiri merupakan lemak yang sudah mengalami pembakaran didalam tubuh, yang sangat berguna untuk menghasilkan energi. Sebaliknya, lemak putih adalah lemak yang menimbun diri pada bagian-bagian tertentu didalam bagian tubuh tertentu, yang paling banyak biasanya di bagian perut.

Nah, hormon yang melakukan penimbunan diri ini lah yang menjadi penyebab kegemukan, mengusir protein dan hormon, memicu naiknya kolesterol, menaikkan gula darah, memengaruhi gula darah dan yang paling nyata adalah bisa merusak penampilan seseorang. Dan itulah mengapa lemak jenis ini sering dijuluki lemak jahat. Dan lemak ini juga yang keberadaannya harus kita keluarkan dari dalam tubuh kita.

Berbagai jenis cara akan ditempuh orang untuk menghilangkan lemak yang berlebih pada tubuhnya, ada yang menggunakan obat-bataan, konsumsi makanan sehat, dan bahkan ada yang menempuh tindakan medis dengan biaya yang tidak sedikit dengan sedot lemak.

Sebenarnya masih ada cara yang mudah dan juga praktis yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan lemak berlebih dari dalam tubuh kita. Selain dengan olahraga rutin kita juga bisa melakukannya dengan mengkonsumsi makan tertentu misalnya, cuka.

Cuka Bisa Mengusir Lemak Jahat Dalam Tubuh
Cuka bisa mengurangi proses aterosklerosis yaitu proses terjadinya penimbunan lemak di dalam dan di bawah lapisan intima dinding nadi. Lemak yang tidak tertimbun tersebut bisa di proses oleh asam asetat yang cuka terkandung di dalam cuka. Asam asetat tersebut akan membantu proses pembakaran kalori jahat tersebut sehingga berubah menjadi energi.

Dengan mengkonsumsi cuka tersebut maka kandungan asam asetat yang terdapat di dalamnya bisa membantu memproses lemak jahat menjadi lemak baik yang kemudian diubah  menjadi energi. Selain itu, cuka juga mengandung asam amino yang dapat menetralkan kolesterol jahat dan membantu mengeluarkannya dari tubuh dengan sendirinya.

Berkaitan dengan hal di atas, sebuah uji klinis yang berlangsung di Minnesota, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi cuka sari apel 2 sendok setiap hari selama delapan minggu, dapat meningkatkan level kolesterol baik atau HDL (high density lipoprotein), serta menurunkan lemak atau kolesterol jahat.

Cara Memanfaatkan Cuka untuk Mengusir Lemak Jahat

Sebagaimana kita tahu, cuka merupakan salah satu bahan untuk menambah cita rasa masakan. Biasanya kita menambahkan cuka pada salad, sayuran-sayuran tertentu, untuk membuat acar, makan soto, bakso, siomay dan makanan-makanan lainnya. Apa artinya? Kita disarankan untuk memakan makanan-makanan yang mengandung cuka tersebut.

Selain dicampurkan pada makanan, dicampurkan ke air putih saja juga bisa kok. Kamu cukup ambil satu sendok teh cuka dan dicampurkan ke dalam secangkir air. Untuk hasil yang maksimal, minum ramuan tersebut setidaknya satu kali sehari agar lemak yang bertumpuk cepat minggat.

Nah, bagaimana mudah, kan? anda bisa langsung mencobanya di rumah, alangkah baiknya jika sambil kita menggunakan cara ini juga diiringi dengan olahraga yang rutin agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Dan gunakanlah cara ini secara bijak, jangan sampai berlebihan. Semoga bermanfaat.