Cara Mengatasi Lapar Berkepanjangan

DokterCha - Mungkin anda akan merasa frustasi jika anda sudah makan banyak sepanjang hari, tetapi masih tetap merasa lapar. Ada beberapa hal yang bisa menjadi faktor penyebab munculnya rasa lapar terus-menerus. Bisa disebabkan karena mengkonsumsi makanan yang salah, memiliki masalah kesehatan, sampai faktor emosional.

Cara Mengatasi Lapar Berkepanjangan

Dengan mengatasi rasa lapar berkepanjangan dapat membantu anda mengatasinya dan menjalani gaya hidup yang lebih sehat. Berikut beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi rasa lapar berkepanjangan:

1.Mengkonsumsi Makanan Seimbang
Anda akan terus merasa lapar jika anda tidak mengkonsumsi makan yang tidak bergizi seimbang. Pastikan anda selalu mengkonsumsi makanan yang seimbang dari berbagai jenis makanan. Anda juga harus mengkonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan, protein tanpa lemak, biji-bijian, juga minyak dan lemak yang sehat.

Baca juga: Usir lemak jahat dengan makanan ini

Makanan yang seimbang saat sarapan bisa anda dapat dengan menu setengah cangkir gandum oatmeal dan madu, secangkir srtoberi segar, dan juga setengah cangkir keju.

Untuk makan siang yang sehat anda bisa dapat dari salad hijau dengan cranberry kering, biji bunga matahari, dan keju seperti feta atau keju kambing. Anda juga bisa membuat saus anda sendiri untuk mengurangi kalori, dan bisa juga menambahkan daging tanpa lemak seperti kalkun kedalam menu anda.

Sedangkan untuk makan malam yang sehat anda mencakup seporsi daging atau ikan, dua porsi sayuran, dan gandum. Anda juga bisa mengkonsumsi salmon panggang, nasi, brokoli kukus, dan juga butternut squash panggang.

2.Makanlah Makanan yang Memiliki Volume Besar

Makan yang memiliki kandungan udara atau air disalamnya memiliki volume yang lebih besar. Makan seperti ini juga akan memberikan efek perasaan kenyang lebih cepat dan sensasi telah memakan makanan dalam jumlah banyak, yang dapat membantu anda jika anda merasa lapar.

Beberapa makanan yang memiliki volume besar diantaranya adalah:
  • Kacang-kacangan
  • Sup
  • Sayuran
  • Jagung
  • Buah segar
  • Biji-bijian
3.Makanan Salad Sebelum Makan
Selada mempunyai kandungan air yang tinggi, jadi dengan mengkonsumsi salad ditambah saus ringan sebelum makan akan membantu anda kenyang lebih cepat dan tidak akan mudah merasa lapar.

4.Makan Ringan yang Sehat
Dengan mengkonsumsi camilan yang sehat dan berenergi tinggi seperti buah dan kacang-kacangan dapat membantu anda agar tidak mudah merasa lapar sebelum waktu makan. Kacang merupakan makanan yang sangat baik karena memiliki kandungan lemak sehat, dan akan memberikan anda energi yang lebih banyak dibandingkan dengan makanan manis.

5.Jauhi Junk Food

Junk food, makanan ini memiliki kandungan lemak yang tinggi, garam, dan gula, membuat anda akan merasa lapar ketika memakannya. Hal ini juga dibuat untuk merangsang selera makanan anda dan mengarah pada kecanduan yang berlebihan. Makan yang tinggi lemak menyebabkan reaksi kimia dalam otak anda yang menciptakan sinyal untuk memakan lebih banyak lagi, meskipun anda mungkin tidak benar-benar merasa lapar.

Nah, itulah 5 tips mudah untuk mengatasi rasa lapar yang berkepanjangan, semoga artikel ini bisa membantu anda.