Keunggulan Diet Mediterania

DokterCha - Kini, untuk melakukan diet tidak perlu lagi dengan cara menahan lapar, karena sekarang sudah banyak metode-metode baru dalam hal mengurangi berat badan atau diet, juga metode-metode ini lebih sehat dan aman untuk dijalankan. Salah satunya adalah diet mediterania.

Keunggulan Diet Mediterania

Pernah dengar diet mediterania? Metode diet yang satu ini sekarang sedang tren lho di Indonesia. Diet mediterania ini bukan hanya digunakan untuk mengurangi berat badan saja lho... tetapi juga bisa digunakan untuk alasan kesehatan, karena ternyata metode diet ini dapat mencegah berbagai macam penyakit. Penyakit yang bisa dicegah dengan metode ini diantaranya adalah penyakit diabetes, jantung, alzeimers dan juga stroke.

Baca Juga: Tips mengatasi lapar berkepanjangan

Sebenarnya apa dan bagaimana metode diet mediterania itu? Seperti namanya diet mediterania merupakan salah satu metode diet dengan mengikuti pola hidup sehat dari masyarakat mediterania terutama dalam memilih makan yang masuk kedalam tubuh mereka.

Lalu, mengapa harus mediterania? Karena masyarakat mediterania memiliki pola hidup yang sehat dan sangat baik untuk ditiru.

Makan Ala Diet Mediterania

Tidak seperti kebiasaan masyarakat modern seperti kita sekarang ini. Warga mediterania tidak mengkonsumsi makan yang digoreng secara berlebihan, tidak mengkonsumsi daging merah, dan apa lagi makanan cepat saji dan juga makan yang diolah pabrik. Dari banyaknya jenis makanan yang ada mereka lebih senang mengkonsumsi buah-buahan dan juga sayuran.

Mereka mengkonsumsi buah dan sayuran dengan cara dimakan mentah, ini dilakukan agar kandungan nutrisi di dalamnya tidak terkurangi oleh proses pemasakan. kalau pun ada beberapa makanan yang harus dikonsumsi secara matang, mereka hanya mengolahnya dengan cara direbus, dibakar, atau di kukus.

Menu diet mediterania sangat mengurangi penggunaan minyak goreng, margarin, mentega bahkan garam dan gula sekalipun karena bahan-bahan tersebut diketahui bisa meningkatkan kolesterol dan juga lemak dalam tubuh. Dan bahan-bahan tersebut mereka ganti dengan penggunaan minyak zaitun sebagai campuran pada makanan mereka.

Minyak Zaitun Sebagai Pelengkap Diet Mediterania
Ciri yang sangat khas dari metode diet mediterania adalah penggunaan minyak zaitun untuk mendampingi berbagai makanan mereka terutama sayuran.

Kombinasi sayuran dan minyak zaitun ini merupakan komponen penting dari diet mediterania yang dari campuran keduanya akan menghasilkan senyawa asam lemak nitro yang akan memberikan efek rileks pada pembuluh darah sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung kita.

Selain melancarkan peredaran darah, kombinasi minyak zaitun dan sayuran juga memiliki kemampuan untuk melawan radikal bebas yang bisa menyerang saraf pusat sehingga menjadikan diet mediterania tidak hanya baik untuk jantung, mengurangi berat badan, mengontrol kolesterol tetapi juga sangat baik untuk menjaga kesehatan otak.

Keunggulan Diet Mediterania

Apa sih yang membuat diet mediterania sehat, dan sangat dianjurkan?

1.Kita tidak perlu menahan lapar saat melakukan diet ini, karena kita diharuskan untuk mengkonsumsi buah dan sayuran  yang merupakan makan dengan kandungan serat yang tinggi juga menghasilkan energi. Dengan mengkonsumsi makan yang kaya akan kandungan serat maka kita tidak akan mudah merasa lapar.

2.Makanan yang dianjurkan dikonsumsi dalam metode diet ini merupakan makan-makan yang mudah didapat dan harganya terjangkau.

3.Cara mengolah makanan yang harus kita konsumsi pun lebih mudah dan sederhana yaitu dengan cara direbus, dikukus, dan dipanggang.

4.Kita masih diperbolehkan untuk mengkonsumsi daging, atau makanan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi dalam diet sekali-kali, jadi kita tidak terlalu dipantang yang akan membuat kita harus menahan selera.

5.Manfaatnya bukan hanya untuk menurunkan berat badan, tetapi juga untuk menjaga kesehatan tubuh kita, serta untuk menghindari berbagai penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, dan alzeimer.

Mulai sekarang mari kita lakukan diet secara alami tanpa obat-obatan kimia, biar lebih sehat dan aman untuk tubuh kita. Apalagi dengan diet ini kamu tidak akan tersiksa karena harus menahan lapar.